Cara Membuat Pesan Formulir Komentar di Blog

Table of Contents

Pesan formulir komentar blog merupakan salah satu fitur di platform Blogspot. Platform ini memang memberikan fitur yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan dasar menulis di blog pribadi. Dari sekian banyak fitur. salah satu yang belum saya optimalkan penggunaannya adalah pesan formulir komentar. 

Pesan komentar blogspot

Penting nggak, sih?

Sepele dan mungkin tak dilirik, sih. Tapi setelah saya pikir-pikir kok penting sekali, ya. Lalu seberapa penting?

Setidaknya, jika ada orang yang ingin memberikan komentar di blog saya ini harus tahu lah ketentuan dasarnya, biar tidak seenaknya sendiri. Apalagi kalau nyepam tautan aktif, wah bisa berhahaya hetul ini. Berbahaya untuk kesehatan blog tentunya. 

Sambil membuat sendiri, saya sekalian saja untuk membuat tutorialnya, sekali tepuk dua lalat, kan? Saat menulis tutorial ini, saya belum menerapkan pesan formulir komentar. 

Cara Membuat Pesan Formulir Komentar di Blog

Jika Anda menggunakan platform Blogspot, berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk menambahkan pesan pada formulir komentar:

  1. Masuk ke Blogger Dashboard Pertama-tama, login ke akun Blogspot Anda dan masuk ke dashboard blog yang ingin Anda atur.

  2. Pilih Menu 'Settings' Di menu sebelah kiri, klik 'Settings' (Pengaturan).

  3. Cari Opsi 'Comment Form Message' Scroll ke bawah hingga Anda menemukan bagian 'Comments' (Komentar). Di situ akan ada opsi 'Comment Form Message' atau 'Pesan Formulir Komentar'.

  4. Tulis Pesan yang Anda Inginkan Setelah menemukan opsi tersebut, Anda dapat menuliskan pesan yang ingin ditampilkan di atas kolom komentar. Misalnya, pesan tentang aturan berkomentar, seperti "Mohon hindari spam atau tautan aktif. Mari berdiskusi dengan sopan dan relevan."

  5. Simpan Pengaturan Setelah selesai menulis pesan, jangan lupa untuk menekan tombol 'Save' atau 'Simpan'.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda bisa memberi informasi kepada pengunjung tentang etika berkomentar. Ini juga bisa membantu menjaga kualitas diskusi di blog Anda dan menghindari spam yang berpotensi merusak reputasi blog.

Kesimpulan

Fitur pesan pada formulir komentar sering kali dianggap sepele, tetapi sebenarnya cukup penting untuk membantu menjaga kualitas interaksi di blog. Selain memberi batasan yang jelas kepada pembaca, fitur ini juga berfungsi sebagai pengingat etika berdiskusi. Jadi, tidak ada salahnya meluangkan sedikit waktu untuk mengatur pesan tersebut agar suasana di blog tetap positif dan bermanfaat.

Qowim Musthofa
Qowim Musthofa Blogger yang tinggal di Bantul. Mengajar di Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ) An-Nur Yogyakarta. Terima kasih telah berkunjung. Korespondensi melalui surel: janurmusthofa@gmail.com

Post a Comment